Kamis, 10 September 2009

Using Outside Blog

Untuk tugas refleksi membuat blog mata kuliah Sistem Informasi Perpustakaan, saya rasa sudah baik jika kita menggunakannya di luar. Kalau kita memang ingin meningkatkan peringkat webometrics universitas kita, sudah selayaknya kita membuat blog dari luar, karena jika kita menggunakan blog yang ada dalam lentera, selain mungkin masih belum sempurna, saya rasa bot yang dikirim oleh search enginee masih belum bisa masuk karena memang halaman blog yang disetting hanya bisa dimasuki oleh mereka yang punya id saja, sedangkan jika kita berperan sebagai guest maka kita tidak akan bisa melihat blog yang kita tulis.

Keuntungan lain jika kita menggunakan blog di luar adalah akan semakin banyak tautan ke web Petra yang berasal dari luar. Tentunya tautan yang berasal dari luar akan dinilai lebih tinggi oleh search enginee daripada tautan yang berasal dari dalam. Selain itu kita juga bisa mengkustomisasi sendiri blog kita, suatu fasilitas yang mungkin masih belum dimiliki oleh lentera yang mungkin ke depannya bisa lebih dikembangkan.

Alasan lainnya yang juga sangat berhubungan dengan peningkatan webometrics adalah jika kita menggunakan blog luar maka kita bisa melakukan search enginee optimization (SEO) sendiri. Ini akan membuat peringkat web/blog kita meningkat. Jika peringkat blog kita meningkat, secara otomatis logikanya akan semakin banyak pengunjung yang masuk dalam web kita untuk mencari informasi yang tersedia, jika banyak yang mencari informasi ini lalu mengunjungi tautan yang kita buat, maka secara otomatis akan meningkatkan pula jumlah pengunjung web yang menjadi tautan tersebut sehingga web petra nantinya juga bisa semakin terkenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar