Rabu, 02 September 2009

Children's Catalogue


Beberapa hari yang lalu, kita sudah sempat berdiskusi mengenai peran dari perpustakaan. Salah satu peran yang ada adalah untuk bisa menyediakan layanan untuk berbagai kalangan dan juga berbagai usia. Yang ingin saya soroti untuk saat ini adalah mengenai perpustakaan Petra dahulu.

Menurut saya, perpustakaan Petra masih belum maksimal dalam melaksanakan perannya terutama dalam pelayanan anak kecil. Beranjak ketika saya browsing dan menemukan situs perpustakaan Flower Mound. Kebetulan ketika saya masuk dari sebuah web perpustakaan, saya menemukan bahwa perpustakaan ini baru saya diupdate sistemnya tanggal 26 Agustus yang lalu. Salah satu yang menjadi sorotan saya adalah pembuatan children's catalogue.

Seperti yang dapat Anda lihat di atas, menurut saya desain yang ada sangat sederhana, tetapi bagi saya justru sederhana ini baik bagi anak kecil, karena mereka tidak perli terlalu susah untuk mengenal layanan-layanan yang disediakan oleh sistem baru ini. Gambar yang interaktif menurut saya akan semakin menarik minat anak kecil untuk menelusuri lebih jauh. Dan satu yang saya suka dalam layanan ini adalah, ketika kita menggunakan search enginee di dalamnya untuk mencari database buku, maka sistem ini secara otomatis akan mengarahkan kita kepada buku-buku yang memang diperuntukkan untuk anak kecil.

Perpustakaan Petra sudah cukup banyak koleksi di bidang buku anak. Mungkin memang pengguna anak-anak di perpustakaan ini masih sangat terbatas jumlahnya, tetapi mungkin kita bisa membuka diri dengan masyarakat luar atau bekerja sama dengan SD-SD yang ada di sekitar wilayah Siwalankerto untuk bisa lebih mengembangkan lagi literatur untuk anak kecil. Kita bisa meniru sistem yang dibuat oleh Flower Mound ini. Jika Anda tertarik mengunjungi situs ini, Anda dapat mengunjunginya di http://librarycatalog.flower-mound.com/polaris/Children/default.aspx. Mungkin Anda akan mendapati sistem yang ada di sini jauh lebih baik dari apa yang dapat saya jelaskan di sini.

Untuk informasi lebih lanjut dapat kita diskusikan bersama di http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar