Kamis, 10 September 2009

Perpustakaan Petra: Audio Streaming

Salah satu khayalan saya berikutnya yang mungkin bisa digunakan untuk memperlengkapi fasilitas perpustakaan Universitas Kristen Petra adalah pengadaan audio streaming. Mungkin memang hal ini masih sangat sulit untuk bisa dilakukan mengingat tingkat kejahatan yang berbau piracy di Indonesia ini masih sangat tinggi.

Tetapi ini tetap menjadi keinginan saya. Mekanismenya adalah Perpustakaan Petra membeli CD audio, lalu dishare bersama. File ini dikompres dan tidak bisa didownload oleh pengguna tetapi hanya bisa distreaming. Jadi bentuknya sama seperti Youtube atau juga iTunes Online Library, tetapi ini bentuknya adalah audio. Saya rasa tidak sulit untuk melakukan hal ini, tetapi mungkin kendalanya adalah sistem pengamanannya. Apalagi yang mungkin perlu diperhatikan adalah anak-anak dari jurusan kita sendiri yang kesukaannya adalah mencoba menemukan kelemahan suatu sistem lalu mengambil keuntungan dari dalamnya.

Jadi mungkin jika suatu saat sistem IT di perpustakaan sudah kuat, mungkin hal ini bisa dilakukan. Tetapi mungkin biaya yang dikeluarkan untuk perpustakaan kita setiap bulannya akan bertambah banyak karena juga tidak murah untuk membeli CD-CD audio ini. Diskusi lebih lanjut dapat kita saksikan di http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar