Jumat, 04 September 2009

Perpustakaan Petra: Online Journal (2)


Saya ingin membahas kembali mengenai fasilitas online journal yang sudah sempat kita bahas beberapa saat yang lalu. Kalau yang lalu kita membahasnya dalam segi tidak bisa diakses dari luar, maka sekarang saya ingin membahas mengenai ketersediaan journal-journal yang ada di dalamnya.

Kalau saya boleh sedikit berkomentar, maka saya rasa online journal yang kita miliki masih sangat sedikit koleksinya dan juga kebanyakan adalah di bidang ekonomi, sedangkan journal untuk teknik masih sangat sedikit. Saya menyadari kendala yang dihadapi terutama berhubungan dengan biaya. Kita sudah langganan sekian journal saja mungkin ratusan juta yang kita keluarkan. Tetapi yang ingin saya usulkan, mengapa kita tidak mengadakan kerjasama dengan perpustakaan lain untuk bisa share ketersediaan journal ini?

Misalnya (saya lupa nama collegenya), suatu college di Australia, dia bekerjasama dengan Harvard University di Amerika untuk journal-journal terbitan Harvard dan sekitarnya sehingga bisa diakses dari college ini pula. Demikian juga Harvard bisa mengakses journal-journal yang diterbitkan oleh college ini dan mungkin juga journal-journal langganan college ini terbitan Australia.

Mungkin tidak mudah juga untuk bisa menjalin kerjasama ini, karena memang dibutuhkan juga rasa saling percaya, tetapi jika hal ini bisa dilakukan, maka kita akan dapat menghemat banyak biaya dan juga bisa mendapatkan banyak informasi.

Diskusi lebih lanjut akan hal ini dapat dilakukan di http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar