Jumat, 04 September 2009

Perpustakaan Petra: Keamanan Komputer


Apakah di sini saya ingin membahas mengenai lihatlah komputer yang butut ini? Tentu saja tidak, karena menurut saya komputer yang sekarang tersedia di perpustakaan sudah lumayan memadai (tapi tentunya belum semua). Yang ingin saya bahas di sini adalah mengenai keamanan komputer yang ada.

Bagian belakang yang terbuka seperti ini bisa menimbulkan banyak resiko, apalagi kita tidak bisa menjamin bahwa semua anak Petra baik-baik dan tidak iseng (buktinya adalah saya sendiri, jika tidak iseng, saya tidak akan menulis artikel mengenai hal ini). Apa-apa saja yang dapat saya lakukan terhadap bagian belakang yang tidak terproteksi dengan baik ini?
  • Hal pertama yang sudah saya coba tentunya adalah mengambil kabel LAN yang terhubung dengan CPU ini, lalu menyambungkannya dengan laptop saya. Di dekat komputer ini (tempat saya mengambil gambar ini) adalah di bagian agak belakang berdekatan dengan buku-buku referensi di lantai dasar. Dengan sedikitnya pengawasan ditambah dengan tersedianya arus listrik di daerah ini, maka saya dengan santai bisa duduk di sofa dan mengulur kabel LAN hingga bisa saya pakai koneksinya melalui laptop saya.
  • Hal kedua, tentu saja saya bisa menancapkan flashdisk saya (walaupun yang ini belum saya coba). Bagaimana jika flashdisk saya bervirus? Atau bagaimana jika anak informatika yang suka membuat virus datang dan mencoba untuk menyebarkan virusnya melalui jaringan yang ada di perpustakaan? Bisa Anda bayangkan sendiri
Jadi poin saya di sini adalah mungkin ada baiknya untuk menutup bagian belakang dari CPU ini, mungkin bisa dilakukan sistem seperti yang ada di ruang-ruang kelas. Jadi kabel LAN tidak bisa dicabut sembarangan dan tidak perlu ada yang menancapkan media penyimpan data lainnya dalam CPU tersebut. Ini hanyalah tindakan preventif. Tetapi lain halnya jika perpustakaan Petra ingin memberikan kepercayaan kepada mahasiswa-mahasiswanya untuk belajar bertanggung jawab terhadap properti bersama ini.

Diskusi lebih lanjut dapat dilihat pada http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar