Rabu, 02 September 2009

Perfume Psychology and Library

Masih ingat akan apa yang dikatakan Christianto dalam wawancara yang diterbitkan di blog ini kemarin? Saya cukup tertarik dengan apa yang menjadi kekurangan perpustakaan menurutnya. Menurutnya perpustakaan kita kurang wangi. Ini yang membuat saya akhirnya berusaha mencari-cari apa efek psikologis parfum bagi kita dan juga saya sempat bertanya-tanya kepada beberapa rekan, apa pendapat mereka tentang parfum dan bagaimana kaitannya dengan minat baca mereka.

Yeah, hari ini saya berika tema besar "Gospel's Perfume Day". Walaupun hari ini kita mungkin tidak akan membahas selurhnya tentang parfum, tetapi inilah sebagian besar yang akan kita bicarakan. Ada 3 bintang tamu kita yang akan hadir melalui wawancara nantinya.

Tetapi sebelumnya saya ingin menyampaikan apa yang saya dapatkan mengenai parfum dan juga efeknya terhadap psikologis kita. Parfum tentu saja memiliki efek psikologis terhadap orang-orang tertentu. Memang ada orang-orang yang tidak terlalu menyukai bau parfum bahkan ada beberapa orang yang alergi, karena parfum ini merupakan senyawa kimia pula. Tetapi studi yang dilakukan oleh beberapa perusahaan parfum menyatakan bahwa psikologi parfum tidak bisa disangkutkan secara global. Parfum tertentu hanya mempengaruhi orang-orang tertentu atau ras tertentu saja. Efek yang diberikan oleh suatu parfum berbeda-beda dan dipengaruhi pula oleh corak budaya dan sosial masyarakat sekitarnya. Untuk itulah sebelum meluncurkan produknya, sudah pasti suatu perusahaan parfum akan mensurvey dulu lokasi daerah yang akan menjadi pasarnya sehingga bisa tahu parfum apa yang cocok untuk dipasarkan di daerah tersebut.

Berkaitan dengan perpustakaan, sejauh ini saya belum berhasil mendapatkan artikel ataupun jurnal yang membahas masalah ini. Mungkin bisa juga dilakukan penelitian dalam hal ini apakah parfum berpengaruh terhadap minat baca seseorang. Karena terbatasnya waktu pula, maka penulis hanya melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui bagaimana pendapat beberapa orang mengenai parfum dan juga hubungannya dengan minat baca mereka.

Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini mungkin dapat kita bahas dalam http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar