Sabtu, 05 September 2009

Google Book Search

Tampaknya saya sudah pernah membahas akan hal ini beberapa hari sebelumnya, tetapi sekarang saya ingin memberitahukan bagaimana perkembangan dari issue ini. Tentu saja issue ini masih terus diperdebatkan oleh banyak pihak. Banyak pihak-pihak yang mendukung karena dinilai pengembangan akan hal ini sangat bagus untuk penyebaran informasi ke depan dan dinilai efektif, tetapi juga ada banyak pihak lain yang menolaknya karena dinilai akan sangat merugikan pihak-pihak tertentu.

Jika pihak oposisi yang lalu datang dari Amazone, Yahoo dan juga Microsoft, maka sekarang oposisi datang dari pihak asosiasi perpustakaan. Pihak-pihak tersebut adalah American Library Association (ALA), the Association of College and Research Libraries (ACRL) and the Association of Research Libraries (ARL). Mereka menganggap bahwa sistem yang ada di perpustakaan saat ini, yaitu ISD (Institutional Subscription Database) sudah dianggap memadai.

Mereka mendesak Google untuk mempertimbangkan lagi masalah privasi masing-masing perpustakaan, harga sewa yang diberikan (yang tentunya juga berkaitan dengan pemasukan perpustakaan tersebut) dan juga masalah hak cipta yang ada.

Tampaknya perjalanan Google untuk bisa membuat database buku ini masih akan sangat panjang. Diskusi lebih lanjut akan disambut dengan tangan terbuka di
http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar