Selasa, 25 Agustus 2009

Perpustakaan Petra: Online Journal

Layanan ini memang asyik, tetapi satu yang menurut saya kekurangannya adalah layanan ini hanya bisa digunakan ketika kita berada di Petra. Sebagai orang IT, tentu saja saya sedikit banyak tahu tentang sistem keamanan yang digunakan ini. Karena jika layanan ini bisa diakses dari luar (bukan menggunakan IP Petra pun bisa), maka orang luar yang mau menggunakannya pun akan bisa mengakses. Padahal layanan ini mahal harganya dan juga mungkin masalah lisensinya.

Tetapi saya tetap berharap mungkin suatu hari nanti bisa dibuatkan suatu sistem yang bagaimana kita sebagai mahasiswa Petra tetap bisa mengaksesnya walaupun dari luar. Mungkin bisa dibuatkan sistem log in atau bagaimana sehingga ketika kita ingin mencari jurnal, kita tidak perlu ke Petra. Apalagi fasilitas wi-fi Petra sekarang yang masih sangat lambat dalam hal download jurnal. Akan makan waktu yang sangat lama dibandingkan dengan kita bisa download dari rumah masing-masing.

Diskusi lebih jauh mengenai layanan ini mungkin bisa dibahas di http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net

1 komentar:

  1. Saya sependapat dengan si penulis blog, untuk dibuatkan sistem Log in.
    Selain lebih aman, jg tidak merugikan pihak Petra sebagai penyedia jurnal. karena jurnal hanya bisa di akses oleh orang tertentu bukan di akses dengan sembarang. Dan tentunya, dapat mempermudah mahasiswa Petra..

    BalasHapus