Minggu, 30 Agustus 2009

Library Roles #1 : As A Community Information System

Peran perpustakaan secara bertahap telah mengalami perubahan, salah satunya karena dampak perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat. Salah satu peran perpustakaan yang berhasil didefinisikan oleh Department of Public Institution of Wisconsin dan American Library Association menghasilkan misi-misi sebagai berikut.

Peran perpustakaan yang pertama adalah sebagai sumber informasi komunitas
  • Perpustakaan sebagai jalur informal untuk informasi dan asisten terhadap informasi terkini pada sebuah komunitas organisasi, pelayanan, dan sebagainya
  • Perpustakaan menyimpan data-data profil sebuah komunitas pelayanan (organisasi) sebagai sumber informasi
  • Perpustakaan berpatisipasi dalam jaringan antar komunitas, dan mempunyai kalender kegiatan komunitas tersebut
Perpustakaan sebagai penyedia informasi terkini mungkin sudah dilakukan oleh perpustakaan kita sekarang, tetapi mungkin masih belum sepenuhnya. Misalnya pula jika rektorat butuh suatu data X, maka biasanya pihak rektorat tanpa melalui perpustakaan, langsung mencari datanya sendiri, mungkin jika melalui perpustakaan dinilai jalurnya akan semakin bertambah panjang, sedangkan mungkin informasi ini diperlukan cepat.

Peran perpustakaan menyimpan profil-profil organisasi, mungkin perpustakaan Petra sudah menyimpan profil mengenai sejarah Petra. Tetapi mungkin untuk organisasi lainnya masih belum. Tetapi juga, perpustakaan Petra sudah dapat mencari sumber informasi bukan saja dari apa yang dimiliki oleh perpustakaan kita, tetapi juga dari perpustakaan lain. Karena saat ini perpustakaan kita menjalin kerja sama bahkan dengan perpustakaan yang ada di luar negeri.

Mengenai perpustakaan yang mengetahui agenda Petra, saya rasa perpustakaan Petra masih belum tahu menyeluruh kegiatan apa saja yang dilakukan di Petra. Mengingat juga jalur koordinasi yang tidak melibatkan perpustakaan dalam hal kepanitiaan di Petra. Mungkin perpustakaan hanya tahu sebagian besar program-program penting universitas dan tentu saja program-program perpustakaan sendiri.

Diskusi lebih lanjut dapat dilakukan di http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar