Kamis, 27 Agustus 2009

Informatika 2009 #1 : Kesan Sang Mahasiswa Teladan Informatika 2009


Hari yang spesial bisa bertemu dengan Sandy Sunaryo di kolam jodoh (Atrium W) Universitas Kristen Petra. Dia adalah peraih gelar mahasiswa teladan 2009 dalam P3KMABA yang lalu. Bisa dilihat gayanya yang mantap sesuai dengan gelarnya saat ini. Mungkin kali berikutnya kita bisa berpose bersama dengan pin mahasiswa teladan yang telah diraihnya.

Kembali ke persoalan. Tepatnya kemaren siang saat kami duduk-duduk di Atrium W, tanpa sengaja kita bersua dan membicarakan mengenai perpustakaan yang kita miliki. Kesannya tentang perpustakaan Petra adalah suasana yang sarat dengan ilmu. Dia menambahkan pula rasanya mencari apa saja akan menemukan.

Masalah fasilitas, dia memuji bahwa fasilitas yang dimiliki perpustakaan kita sudah cukup baik, bahkan bagus. Sayangnya dia masih tidak mengetahui ada fasilitas apa saja yang kita sebagai mahasiswa dapat menggunakannya. Dari tiga layanan perpustakaan yang ada, yaitu pencarian buku, pencarian tugas akhir, dan online journal, dia hanya pernah menggunakan fasilitas layanan buku. Mungkin nanti ke depannya akan digunakan juga layanan ini saat kebutuhan akan ilmu semakin meningkat.

Berdasarkan pertimbangan di atas, dia memberikan nilai 7,6 terhadap perpustakaan Petra. Lantas, apa yang kurang dari perpustakaan kita? Dia mengatakan bahwa perpustakaan kita kurang daya tariknya. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang datang hanya sedikit. Demikian pula masalah desain ruangannya. Dia mengatakan bahwa perpustakaan kita tidak unik, dalam artian seperti perpustakaan pada umumnya.

Hal lain yang perlu ditingkatkan berkenaan dengan sistem perpustakaan kita adalah masalah jumlah tenaga kerjanya (staff). Dia merasa bahwa perpustakaan hanya mempunyai sedikit staff sehingga biasanya mereka yang ada di front desk sering merangkap tugas-tugas yang ada sehingga kurang efektif dalam sistemnya. Mungkin ke depannya bisa ditingkatkan.

Demikian wawancara yang singkat bersama dengan Sandy Sunaryo, mungkin di lain kesempatan kita bisa melanjutkan perbincangan kita kembali. Mungkin Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Sandy tetapi tidak kenal, mari bergabung dalam forum pengakraban di http://www.hima-gospel.forumotion.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar