Kamis, 27 Agustus 2009

Great Libraries of the Ancient World #1 : Libraries of Ugarit

Secara singkat dapat dikatakan mungkin ini adalah perpustakaan yang tertua di dunia. Di dalamnya terdapat arsip-arsip diplomatik, karya-karya literatur dan juga data-data masalah kepemilikan.

Perpustakaan ini didirikan pada zaman ketika manusia memasuki zaman perunggu sehingga literatur yang ada ditemukan ditulis dalam bentuk tablet. Literatur ini berupa teks-teks mitologi yang ditulis dalam bentuk puisi naratif, surat, dokumen-dokumen legal seperti pemindahan tanah, beberapa perjanjian internasional, dan beberapa surat-surat administrasi. Dari pecahan-pecahan bentuk puisi yang ada, dapat kita ketahui literatur yang ada berupa: Legenda Kirtu, Legenda Danel, cerita tentang Ba'al yang spesifiknya Baal-Hadad yang bermasalah dengan Yam dan Mot, dan masih banyak lagi pecahan yang lainnya.

Penemuan arsip-arsip yang ada dalam perpustakaan ini, memiliki nilai yang besar dalam ilmu kepustakaan, arsip-arsip ini merupakan yang pertama kali ditemukan menjelaskan tentang informasi detil mengenai kepercayaan orang Kanaan selama masa adanya orang-orang Israel di sana. Literatur-literatur ini menunjukkan kesamaan dengan apa yang tertulis dalam kitab-kitab Ibrani, terlebih di bidang kekudusan dan juga puisi-puisinya. Puisi-puisi Ugaratic mempunyai banyak elem yang nantinya akan kita ketemui dalam puisi Ibrani dalam hal pararelism, panjangnya, dan rutmenya. Penemuan literatur di Ugarit ini membimbing kita ke pendekatan baru mengenai Perjanjian Lama dalam Alkitab kita sekarang.

Lebih jelas mengenai perpustakaan kuno dapat kita bahas di http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar