Sabtu, 29 Agustus 2009

Great Libraries of the Ancient World #3 : Library of Alexandria (1)


Royal Library of Alexandria, atau juga biasa disebut perpustakaan kuno Alexandria mungkin adalah yang paling kita kenal. Banyak buku-buku sejarah kita yang menuliskan tentang adanya perpustakaan ini. Salah satu situs yang berada pada kota yang pernah menjadi pusat dunia, Alexandria. Mungkin memang tidak salah kalau perpustakaan ini yang paling terkenal, karena memang inilah perpustakaan kuno yang terbesar yang pernah ada (tergantung pula sebenarnya dengan penafsiran kita akan arti kata "kuno").

Perpustakaan ini awalnya berada di bawah naungan dinasti Ptolemaic dan masih tetap bertahan hingga saat ini. Perpustakaan ini fungsi utamanya pada saat itu adalah sebagai pusat pendidikan atau keilmuan dan hal ini terus bertahan hingga masa Roma menduduki Mesir. Tetapi juga beberapa ahli menyatakan walaupun Mesir telah jatuh ke tangan Roma, perpustakaan ini masih tetap menjadi pusat pendidikan selama beberapa waktu berikutnya.

Para ahli memperkirakan berdirinya perpustakaan ini adalah pada abad ketiga sebelum masehi. Diperkirakan didirikan pada waktu pemerintahan Ptolemy I Soter atau dalam masa pemerintahan Ptolemy II. Plutarch (seorang sejarawan Yunani, penulis biografi, essay dan penganut Platonist) menuliskan bahwa selama masa kunjungannya ke Alexandria pada waktu tahun 48 BCE, Julius Caesar secara tidak sengaja membakar perpustakaan saat dia menggunakan api di kapalnya sendiri untuk membuat frustasi Achillas sehingga membatasi komunikasinya di laut. Menurut Plutarch, api yang berasal dari kapal Julius Caesar menyebar ke arah dock lalu menyebar lagi membakar perpustakaan.

Tetapi yang masih menjadi perdebatan adalah apa yang ditulis oleh Plutarch ini tidak disebutkan dalam naskah kontemporer yang mencatat kunjungan Julius Caesar. Tetapi yang dapat dipastikan di sini adalah koleksi dari perpustakaan ini entah hilang atau dihancurkan telah mengalami pengurangan entah itu selama abad pertama sebelum masehi ataupun sesudahnya.

Sebagai peringatan akan pernah adanya perpustakaan ini, pada tahun 2002 telah diresmikan kembali Bibliotecha Alexandrina di dekat situs perpustakaan lama. Mungkin sebelum kita membahas lebih jauh mengenai perpustakaan ini lebih mendetail, ada baiknya kita juga belajar mengenai Library of Alexandria modern di zaman ini. Anda penasaran? Tunggulah hari esok.

Lebih jelas mengenai perpustakaan kuno dapat kita bahas di http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar