Sabtu, 29 Agustus 2009

Perpustakaan Petra: Brosur

Apakah gambar-gambar di samping ini terlalu kecil? Kalau ya maafkan saya karena demi menghemat bandwidth yang Anda pakai sekarang juga maka saya memperkecil ukuran gambar ini. Tetapi jika Anda kurang jelas, Anda bisa melihat foto-foto ini di Photo Album facebook saya di album "About Library".

Kita langsung saja membahas poin yang ingin saya sampaikan di sini. Secara sederhana adalah tempat brosur, pamflet, buletin tidak digunakan secara maksimal. Pada gambar (3), gambar yang paling kanan saya berpose di bawah papan penunjuk tempat brosur, pamflet, buletin. Sedangkan gambar (2), gambar yang di tengah menunjukkan tidak ada satu pun brosur, pamflet, buletin, atau pun media sejenis lainnya yang berada di rak ini. Sedangkan gambar (1), gambar yang paling kiri menunjukkan adanya brosur di bagian depan meja sirkulasi.

Saya tidak tahu alasannya mengapa brosur-brosur (kebetulan ketika saya datang berkunjung hanya ada satu jenis brosur, tetapi biasanya ada banyak di sana) tidak diletakkan di tempat yang semestinya. Tetapi saya rasa alasannya juga karena letaknya yang kurang strategis di perpustakaan. Tujuan utama adanya brosur adalah untuk dibagikan pada orang-orang sehingga orang-orang dapat mengerti pesan yang ingin disampaikan brosur tersebut. Untuk itu jika tidak dijajakan maka sebaiknya brosur diletakkan di tempat-tempat yang strategis. Tetapi sayangnya, menurut saya letak rak brosur ini kurang strategis sehingga jarang dilihat oleh para mahasiswa. Mungkin inilah sebabnya perpustakaan tidak lagi menggunakan rak tersebut.

Tetapi yang ingin saya sampaikan di sini adalah mungkin kita bisa menggunakan kembali rak tersebut. Sayang jika sudah ada tempatnya tetapi tidak digunakan, akan jadi tempat yang sia-sia. Mungkin (ini hanya usulan cepat tanpa saya pertimbangkan lebih jauh), rak brosur ini dapat dipindah letaknya di bagian jalan akan keluar. Di sebelah meja sirkulasi. Tetapi mungkin kelemahannya penjaga sirkulasi tidak akan dapat mengawasi bagian dalam perpustakaan lebih leluasa. Atau mungkin bisa juga diletakkan di sebelah kantor di bagian turun-turunan tangga (tetapi juga saya masih belum mengukur apakah ada sisa space atau tidak). Saya rasa dua tempat ini cukup strategis untuk peletakan rak brosur yang baru. Tetapi tentu saja pendapat saya ini harus dikaji ulang lebih jauh lagi.

Jika ada kritik terhadap opini yang saya ajukan ini mungkin bisa kita diskusikan bersama di http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar