Minggu, 30 Agustus 2009

Library Roles #2 : As A Popular Materials Center

Peran perpustakaan yang kedua adalah sebagai pusat pengadaan materi. Yang dimaksud di sini sebagai materi adalah barang-barang media yang sekarang sedang populer, misalnya berupa buku, CD, DVD, ataupun media-media lainnya yang dapat mendukung proses informasi.

Secara mendetil, poin ini dapat dijabarkan menjadi
  • Perpustakaan menyediakan media informasi dalam berbagai format yang pernah digunakan ataupun sedang populer saat ini (banyak permintaan) untuk segala umur
  • Perpustakaan mempromosikan dan meyakinkan masyarakat akan koleksinya

Menurut pendapat saya, perpustakaan Petra saat ini sudah memenuhi kedua hal tersebut. Di perpustakaan kita (di lantai 5) terdapat ruangan tempat menyimpan media informasi. Di sana banyak terdapat media-media penyimpanan data mulai dari video casette hingga saat ini yang sedang populer adalah DVD. Tidak ada kendala dalam hal ini. Tetapi jika saya boleh usul, mungkin koleksi yang ada bisa semakin diperlengkapi. Jika memungkinkan, film-film yang ditayangkan di bioskop-bioskop bisa juga dengan segera dimiliki Petra. Mungkin ini nantinya dapat menunjang peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan.

Diskusi lebih lanjut dapat dilakukan di http://lentera.petra.ac.id dan juga di forum http://www.hima-gospel.forumotion.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar